Langsung ke konten utama

Bagaimana hukumnya meninggalkan sholat jama’ah subuh karena ketiduran akibat tidak bisa tidur di malam harinya, punya penyakit susah tidur/insomnia?

Pertanyaan: Bagaimana hukumnya meninggalkan sholat jama’ah subuh karena ketiduran akibat tidak bisa tidur di malam harinya, punya penyakit susah tidur/insomnia?

Dijawab oleh al-Ustadz Askari -hafidzohulloh-:
Dalam masalah ini kalau seorang itu tidak menyengaja dirinya namun ada hal-hal yang menyebabkan dia akhirnya terlambat atau tidak mengikuti sholat berjama’ah, mungkin karena kelelahan, atau juga mungkin karena seperti yang disebutkan ini, penyakit susah tidur.
Sehingga dia tidak tidur kecuali jam 4 sudah mendekati subuh. Sehingga dia tidak mendengarkan apa-apa lagi. Na’am.. Apabila demikian adanya insya Allohu F maklum seorang mendapatkan udzur.
Oleh karena itu rosululloh z dalam riwayat al-Imam Muslim, ketika beliau melakukan safar bersama dengan para sahabat karena kelelahan mereka tertidur hingga mereka bangun disaat waktu subuh telah lewat, bangun itu sudah masuk waktu dzuha.
Lalu kemudian Umar f bangun dan kemudian sahabat yang lain bangun, mereka tidak ingin membangunkan rosululloh z sampai rosululloh sendiri yang bangun.

Setelah mereka bangun lalu muadzin hendak mengumandangka adzan namun ditahan oleh nabi z.
“Jangan, lanjutkan perjalanan.”
“Sebab lembah ini adalah merupakan markasnya syaithon.”
Oleh karena itu mereka sampai tertidur, terlambat dari mengerjakan sholat subuh.

Akhirnya mereka meninggalkan tempat tersebut sampai ke tempat yang berikutnya lalu mereka pun singgah. Lalu dikumandangkan adzan, lalu mereka sholat sunnah 2 rokaat, lalu mereka sholat subuh padahal itu sudah disaat matahari telah tinggi.
Maka ini menunjukkan bahwa diperbolehkan dalam keadaan udzur, orang tertidur.

Nabi O mengatakan:

مَنْ نَسِيَ صَلَاةً أَوْ نَامَ عَنْهَا فَكَفَّارَتُهَا أَنْ يُصَلِّيَهَا إِذَا ذَكَرَهَا

“Barangsiapa yang lupa dari sholat atau tertidur, maka waktu dia sholat kapan dia mengingatnya, sebab tidak ada kafaroh kecuali itu.” (H.R Muslim dari Anas bin Malik)

Jadi orang misalnya dia betul-betul lupa bukan sengaja lupa, kalau sengaja lupa berarti dia ingat tapi dia betul-betul lupa keseokan harinya baru dia berpikir “Ternyata kemarin saya belum sempat sholat ashar”, lupa dia.
Maka waktunya adalah di saat dia mengingatnya. Dia harus segera berwudzu lalu segera melaksanakan sholat ashar pada waktu itu, pada waktu kapan dia mengingatnya.
Demikian pula orang ketiduran. Kalau misalnya, subhanalloh ada seorang tidur sendirian tidak ada yang membangunkan sampai 3 hari tidur terus. Ini contoh saja, 3 hari 3 malam tidur terus lalu kemudian dia bangun dan dia bertanya pada tetangga ternyata tanggal sudah terlewat 3 hari. Berarti selama 3 hari dia tidur tidak ada yang membangunkan.
Berarti selama 3 hari itu dia tidak sholat, maka dia sholat kapan dia ingat. Dan dia urut sholatnya, sholat subuh dulu, selesai sholat subuh qomat, dzuhur – qomat, ashr – qomat, maghrib – terus.. sampai dia meng-qodho’ sholat yang 3 hari tersebut karena tidak ada waktu yang lain.

Namun seorang tentu harus berusaha, tetap harus bersungguh-sungguh untuk mendapati sholat berjama’ah, untuk mendapati sholat berjama’ah.
Kalau kemudia dia terkena penyakit insomnia, susah tidur, sekalian susahkan tidur sampai mendekati waktu sholat subuh, sehingga dia tidak tidur sampai sholat subuh, lalu dia ikut sholat berjama’ah. Selesai itu dia berusaha untuk mengistirahatkan dirinya.
Wallohuta’ala a’lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEMETIK HIKMAH DIBALIK WABAH CORONA

🌍 MEMETIK HIKMAH DIBALIK WABAH CORONA 1.  TERNYATA MANUSIA ITU LEMAH Kesombongan manusia akan pencapaian yang mereka raih dalam kehidupan dunia ambruk seketika dihadapan kekuasaan Allah Azza Wajalla Yang Maha Kuasa.  Manusia berbangga dengan kemajuan tekhnologinya, berbangga dengan ilmu pengetahuannya, berbangga dengan modernisasinya, berbangga dengan hartanya, berbangga dengan kecerdasaan berfikirnya. Akhirnya semua hal itu menjadi remuk dalam menghadapi Qudratullah Azza Wajalla.  Allah Azza Wajalla berfirman: وَاللَّهُ غَالِبٌ عَلَى أَمْرِهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ "Dan Allah berkuasa terhadap urusan-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti." (QS:Yusuf: 21) Pada akhirnya, manusia harus mengakui bahwa mereka lemah, pencapaian mereka sangatlah lemah, ilmu mereka sangatlah dangkal, dan kekuatan mereka sangat rapuh. Allah Azza Wajalla berfirman: وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا "dan manusia itu diciptkan dalam keaadan lemah." (QS.An Nisaa:28) Y

Audio-11 Rekaman Kajian Ilmiyah Bersama Al Ustadz Abu Muawiyah Askari Hafizhahullah Pembahasan Kitab "Tsalatsatul Ushul"

Bismillah, Berikut Rekaman Kajian Ilmiyah Bersama Al Ustadz Abu Muawiyah Askari Hafizhahulloh,  Pembahasan Kitab  “Tsalatsatul Ushul”  Karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab An Najdy Rahimahulloh, Pertemuan ke 51: Beriman kepada hari akhir –  Download disini  Pertemuan ke 52: Wafatnya Rasulullah –  Download disini  Pertemuan ke 53: 01 Dan Agama Ini Telah Sempurna –  Download disini  02 Dan Agama Ini Telah Sempurna –  Download disini   Pertemuan ke 54: Dalil Akan Wafatnya Rasulullah –  Download disini  Pertemuan ke 55: Penghisaban Amal Manusia –  Download disini  Sumber.

DAURAH IMAM ASY SYAFI’I KE-9【PEKANBARU】

•┈┈•◈◉✹❒📚﷽📚❒✹◉◈•┈┈• Dengan mengharap Ridha Allah ﷻ semata. 📢 HADIRILAH.......!! 📚DAURAH IMAM ASY SYAFI’I  KE-9【PEKANBARU】 🔖 Sesi Pertama 🎙 PEMATERI : Asy-Syaikh Abul Abbas ‘Adil Manshur Al-yamaniy  hafidzhahullah ❖Hari Jum’at  📜 “Taushiyah Umum” (http://t.me/multaqoahlulhaditsindonesia) 🗓 In Syaa Allah : 3 Rabi’ul awwal 1441 H  1 November 2019 M 🕰 Waktu : Ba'da Isya - Selesai ✍ Penerjemah : Al-Ustadz Abu Mu'awiyah Askari hafidzahullah 🕌 BERTEMPAT DI : Masjid Utsman bin Affan-Ma'had Ta'zhim As Sunnah 🛣 Jl. Raya Pekanbaru Bangkinang Desa Rimbo Panjang-kab Kampar-RIAU. ☎ INFORMASI : Abu Iqbal 085364170331 •••✦✿✦••••••✦✿✦••••••✦✿✦••• 📡📻Disiarkan secara LIVE melalui : 🔹http://tasriau.com 🎧 Streaming audio di  📥 *Aplikasi Radio Kajian Online*  di :  http://bit.ly/34hDyYS app-armeabi-v7a Atau  http://bit.ly/321DwT6  app-arm64-v8a 🔉Radio RMI http://radiomuslimindonesia.com atau *Aplikasi RIS unduh* di http://play.google.com/store/apps/details?id=com